Properti Syariah

Kunjungan Developer Properti yang Ingin Solusi Mengatasi Proyek Stagnan

Blog Galery

Ahad, 1 Nopember 2020 merupakanhari yang Allah berkahkan. Kami, team manajemen Ampuh Indonesia mendapatkan tamu istimewa. Tamu yang Allah kirimkan untuk menyamakan dan menyatukan visi dalam dunia properti, yakni menjadikan usaha dan bisnis properti sebagai wasilah untuk mensiarkan properti syariah, tanpa riba, tanpa denda, tanpa sita, tanpa asuransi, tanpa unsur gharar, tanpa adanya unsur maisir.

Tamu yang Allah hadirkan tersebut adalah salah satu owner developer property yang cukup ternama, bukan hanya di Malang Raya, namun telah mengerjakan dan memiliki proyek secara nasional. Tepatnya proyek yang saat ini masih dikerjakan ada 13 proyek dengan jumlah unit sekitar 2000 unit yang tersebar di beberapa kota lintas propinsi bahkan lintas pulau. Ambil contoh proyek di Madiun, Cimahi, Tanjung Pinang, Kalimantan dan di Malang sendiri, serta beberapa tempat lainnya.

Developer ini telah memulai kiprahnya dalam membangun peradaban sejak tahun 2001 hingga saat ini, jadi sudah berumur 19 tahunan dalam menjalani bisnis properti. Tentu sudah merasakan pahit, getir dan manisnnya bisnis properti.

Banyak cerita dalam pertemuan sekitar 2,5 jam di Gazebo Kebun Duren tempat Kantor Ampuh Indonesia dan Grand Village As Salam saat ini. Kantor yang terletak di Jl Pringgandani No 7 Joyo Agung, Kel Merjosari, Kec Lowokwaru, Kota Malang.

Dalam kesempatan ini Abah Anto (CEO Ampuh Indonesia dan Komisaris Grand Village As Salam) dan Bpk Bambang Irawan (Direktur Ampuh Indonesia & Grand Village As Salam) mensharingkan bagaimana Grand Village As Salam berdiri dan bertumbuh tanpa menggunakan dana perbankan. Tentu dengan konsep dan sistem syariah sebagai landasannya, karena tanpa bank maka tentu bisa dipastikan tanpa riba, tanpa denda, tanpa sita, tanpa asuransi. Dan dalam akadnya, transaksi di property syariah tidak boleh ada unsur gharar dan maisir.

Abah Anto yang mulai focus pada Developer Properti Syariah sejak 2015 juga mensharingkan bagaimana manajemen resiko yang diterapkan untuk menjaga kesetabilan keuangan di property syariah agar roda operasional tetap berputar. Lebih-lebih di masa pandemi yang membuat hampir semua bisnis, termasuk property mengalami kondisi yang memprihatinkan, penurunan omset, stagnan bahkan ada yang sampai macet.

Manajemen Properti Syariah yang diterapkan Ampuh Indonesia pada Grand Village As Salam benar-benar low cost. Semisal pada Grand Village As Salam sendiri menurut Bpk Bambang Irawan selaku Direktur Grand Village As Salam secara kalkulasi hanya bermodal 10 juta rupiah dengan catatan omset mencapai 15 milyar.

Properti Syariah Malang
Tokok Properti Malang Raya

Belajar dari kondisi Manajemen Developer Properti yang sedang terjadi, khususnya saat pandemic covid 19 ini, menuntut Developer Properti Konvensional yang selama ini sangat menggantungkan diri pada pendanaan bank dimana harus memenuhi kewajiban ke Bank yang sifatnya pasti dengan kondisi yang tidak pasti, tentu harus berbenah diri dan memberanikan diri untuk bermetamorfosis dan hijrah  dari sistem konvensional yang usang ke sistem syariah yang telah dijamin oleh Allah bahwa Allah akan menjadi pihak ketiga dan menjamin kesuksesannya dalam kerjasama (syrikah).

Dari Abu Hurairah r.a. beliau berkata: Rasulullah pernah bersabda Allah telah berfirman: “Aku menemani dua orang yang bermitrausaha selama salah seorang dari keduanya tidak mengkhianati yang lain. Bila salah seorang berkhianat, maka Aku akan keluar dari kemitrausahaan mereka”.(HR. Abu Daud)

Kita dapat mengambil pelajaran dari hal tersebut, pertama:

1. Kerja sama dalam usaha bisnisΒ adalah suatu usaha terpuji dan diridhai oleh Allah.

2. Allah memberikan berkah kepada orang yang suka bersekutu dalam usaha bisnis selama semua orang yang bersekutu itu sama-sama ikhlas, jujur, dan rukun.

3. Orang yang menghianati temannya dalam persekutuan usaha itu dibenci oleh Allah.

“Aku (Allah) akan selalu menyertai keduanya dengan memberikan pertolongan, bimbingan dan berkah terhadap perniagaan keduanya”

Nah jelaskan apa yang sudah disuratkan Allah? Allah akan menyertai siapa saja yang mau bersyirkah atau bekerjasama  dalam usaha yang ikhlas dan jujur serta menjamin kesuksesannya.

Semoga silatarohim ini dijadikan Allah kemanfaatan dan keberkahan. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *