Cara Bagi Hasil Dengan Pemilik Lahan

Cara Bagi Hasil Dengan Pemilik Lahan

Artikel Blog

Terbuka Kerjasama Pengelolaan Lahan Perumahan Syariah

Alhamdulillah dalam minggu ini saya 2 kali mendapatkan kunjungan di Gazebo Pringgondani Grand Village As Salam, yang pertama adalah pemilik lahan yang ada di Karangploso Kabupaten Malang dan yang kedua adalah pengusaha properti syariah yang selama 3 tahunan bermain di kavlingan dan sedang merintis memulai bisnis developer properti syariah dengan konsep tanpa riba tanpa, bank tanpa denda, tanpa sita tanpa, akad batil, tanpa asuransi.

Akuisisi Lahan Tanpa Uang

Dalam kunjungan yang pertama dengan pemilik lahan, beliau ingin mengetahui lebih lanjut terkait syirkah atau kerjasama antara pemilik lahan dan saya selaku developer properti syariah, dan seperti saya pernah tuliskan di artikel sebelumnya tentang peluang syirkah dengan para pemilik lahan maupun peluang kerjasama dengan developer properti yang mengalami masalah di proyeknya.

Saya selaku Founder dan CEO Ampuh Indonesia yang bergerak dalam bidang Developer Properti Syariah  sangat membuka peluang kerjasama bagi siapapun untuk bisa bekerja sama dengan kami dalam mengembangkan property syariah di Indonesia.

Yang membedakan dengan developer properti yang menggunakan skema ribawi adalah bahwa kami  berpegang kepada akad-akad syirkah yang berpedoman pada akad syariah Islam yang Insya Allah pastinya menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat kerjasama ini, selain win win solution juga mendapatkan keridhoan dari Allah Subhanu wa ta’ala.

Dalam kesempatan ini saya akan membahas singkat atau secara umum, peluang kemitraan yang kami tawarkan adalah :

1. Peluang Kemitraan Lahan bagi anda pemilik lahan

Pada kemitraan ini kami menggunakan akad syirkah Mudharabah, yaitu anda sebagai pemilik lahan mengajukan lahan yang anda miliki sendiri (bukan lahan orang lain ya), untuk dijadikan lahan yang akan dibangun perumahan atau hunian yang kami kelola.

Saya dan team yang memiliki pengalaman dalam membangun proyek properti syariah, Kami yang menyediakan menejemen pembangunan, pemasaran, dan memastikan lahan menjadi kawasan atau perumahan tanpa riba dan terjual  serta terbangun semuanya.

Sedangkan anda sebagai pemilik lahan, mendapatkan harga yang anda inginkan dari lahan yang anda miliki ditambahkan keuntungan dari hasil penjualan rumah tanpa riba. Kemudian terkait Pembayaran lahan akan disesuaikan dengan lakunya property seperti yang biasa saya lakukan, sedangkan pembagian keuntungan akan dilakukan di akhir periode proyek. Silahkan hubungi saya melalui WA admin web ini untuk penjelasan lanjut.

2. Skema Penjualan Lahan dengan akad termin atau bayar tempo

Disini akad yang berlaku adalah akad jual beli lahan antara anda pemilik lahan dengan kami. Biasanya kami akan meminta tempo pembayaran dari harga yang telah disepakati dan saya biasanya mengajak diskusi transparansi terkait skema tempo berdasarkan competitor atau market karena disini saya sangat menghindari ketidak sesuaian dan biasanya saya mengatakan minta termin minimal 2 tahun untuk menuntaskan pembayaran lahan dan bisa juga 3 tahun tergantung luasan lahan dan juga kondisi market kalau kita bisa menjual harga lebih murah tentu akan mempercepat penjualan yang berdampak kepada percepatan pelunasan lahan. Dalam akad ini anda selaku pemilik lahan tidak berhak meminta pembagian keuntungan yang kami peroleh di kemudian hari, karena akadnya adalah jual beli, bukan syirkah. Disinilah perbedaan akad jual beli dan syirkah, yaitu jika syirkah anda mendapatkan keuntungan selain pembayaran lahan dan jika jual beli anda mendapatkan harga lahan sesuai yang disepakati dan tidak mendapatkan bagi hasil keuntungan dari proyek.

3. Peluang Permodalan

Pada kemitraan ini kami menggunakan akad syirkah mudharabah, dimana anda menjadi pemilik modal dan kami sebagai pengelola modal yang anda tanamkan. Modal ini akan digunakan untuk suatu proyek atau beberapa proyek yang disepakati pada akad. Modal tersebut, bisa digunakan untuk pembiayaan pembelian lahan, pemrosesan lahan maupun pembangunan property dan seluruhnya akan diatur dalam akad. Pembagian keuntungan dan prosentase akan disepakati sesuai keridha’an kedua belah pihak.

Sebenarnya masih banyak lagi model peluang kemitraan kerjasama dengan pemilik lahan yang bisa dilakukan namun yang ketiga hal diatas adalah yang sering digunakan , jika anda pemilk lahan ingin mengetahui informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomer kontak/wa admin web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *